Wednesday, February 11, 2015

Cara Mendesain Kamar Tidur Anak Perempuan Dan Laki-Laki

Memiliki anak usia sekolah yang masih rewel dan suka tidur dengan orang tua merupakan masalah tersendiri. Maka dari itu, sebagai orang tua sebaiknya kita memupuk dan membujuk anak sedari dini agar berani tidur sendiri. Untuk mendukung anak agar berani menempati kamarnya sendiri yang bisa kita lakukan adalah menciptakan kamar tidur sesuai keinginan anak kita. Tetapi sayangnya banyak hal penting atau kriteria yang sering dilupakan orang tua dalam memilih desain kamar tidur anak. Padahal desain kamar tidur anak yang nyaman diharapkan dapat membuat anak betah dan senang tidur sendiri memiliki kamar sebagai tempat paling privasi. Untuk itu, saya merangkum beberapa kriteria penting dalam desain kamar tidur anak yang harus benar-benar diperhatikan dalam membuat kamar tidur anak.

Desain Kamar Tidur Anak

Foto Desain Kamar Tidur Anak

Dekorasi Pada Kamar Anak

Hal penting pertama agar anak nyaman dengan desain kamar tidur anak yang kita buat memang dari segi dekorasi. Pilihlah dekorasi yang bukan hanya sesuai dengan keinginan anak tetapi juga dapat meningkatkan daya belajar atau daya imajinasi anak. Kita dapat menggabungkan dekorasi kamar anak dengan benda-benda berwarna cerah yang juga memiliki fungsi untuk belajar. Misalnya wallpaper dinding bermotif angkan, rambu-rambu lalu lintas, huruf ata yang lainnya.

Jauh Dari Kebisingan

Yang tak kalah penting dalam desain kamar tidur anak adalah bagaimana membuat kamar tersebut tenang dan terhindar dari kebisingan. Karena kamar anak adalah kamar yang nantinya juga dimanfaatkan anak untuk belajar dan melakukan banyak hal, kita perlu memodifikasi agar kamar anak menjadi lebih tenang. Bisa dengan memasang peredam suara sederhana seperti karpet pada dinding atau busa peredam suara pada sudut-sudut dinding.

Pemilihan Warna

Pemilihan warna juga harus benar-benar kita perhatikan dalam membuat desain kamar tidur anak. Karen ada beberapa warna yang dapat membawa aura tersendiri pada penikmatnya sehingga secara tidak langsung membentuk karakter pada anak tersebut. Untuk desain kamar tidur anak sebaiknya memilih warna cerah atau warna-warna lembut. Bisa juga memadukan 2 sampai 3 warna agar kamar anak tidak membosankan.

Fasilitas Belajar Dan Bermain

Jangan melupakan fasilitas dalam menentukan desain kamar tidur anak. Kamar tidur anak adalah ruangan yang kita harapkan enjadi tempat paling nyaman untu si anak. Ada baiknya jika kita melengkapi kamar tidur anak dengan fasilitas bermain seperti beberapa jenis mainan dan juga fasilitas belajar seperti meja belajar atau komputer. Tetapi tetap jangan melupakan pengawasan akan benda-benda yang dapat menyita waktu anak terlalu berlebihan tersebut.