Tuesday, January 20, 2015

Tips Desain Kamar Tidur Fungsional dan Esensial

Desain kamar tidur merupakan unsur yang penting dalam membangun rumah mengingat ruangan ini dibutuhkan agar penghuninya merasa nyaman ketika berisitirahat setelah beraktivitas. Dalam hal ini, agar kamar tidur menjadi nyaman, Anda perlu memperhatikan dua unsur  berikut dalam mendesainnya:

Model kamar tidur



1.   Fungsional

Unsur fungsional menjadi dasar utama dalam mendesain kamar tidur agar lebih sehat dan nyaman untuk ditinggali penghuninya. Pengaturan desain kamar tidur secara fungsional meliputi pengaturan jendela dan ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara dan masuknya cahaya ke kamar tidur agar tidak lembab dan berjamur. Desain fungsional lainnya meliputi penempatan stop kontak dan saklar yang sebaiknya strategis dan tidak terlalu rendah agar apabila ada banjir, tidak terkena air dan menyebabkan konslet. Pemilihan jenis lampu dan penerangan kamar tidur dalam hal ini juga termasuk ke dalam unsur desain fungsional karena sangat bergantung dari kebutuhan Anda dalam memanfaatkan kamar tidur. Terakhir adalah ukuran dari furnitur yang Anda butuhkan dan sesuaikan dengan ukuran kamar. Jangan sampai Anda membeli terlalu banyak furnitur dengan ukuran yang besar-besar untuk kamar tidur yang tergolong sempit karena tidak hanya akan memberi kesan sumpek, tetapi karena dengan demikian Anda pun akan kesulitan dalam bergerak bebas di kamar tidur.

Gambar kamar tidur


2.   Esensial

Desain kamar tidur secara esensial lebih untuk menunjang fungsi kamar yang ssecara fungsional sudah tertara menjadi lebih indah lagi. Hal ini diawali dengan pemilihan tema kamar. Setelah terpilih salah satu tema, maka akan mudah menentukan desain penunjang selanjutnya. Hal ini meliputi pemilihan warna dinding, ingin menggunakan cat atau wallpaper dengan warna dan desain apa. Kemudian lantai, apakah akan menggunakan karpet, kayu, atau lantai keramik. Pemilihan jenis furnitur, seprai, gorden, hingga hiasan-hiasan kamar dan dinding pun selanjutnya akan sangat bergantung pula dari tema desain kamar tidur yang sudah Anda tetapkan di awal.

Sebagai ruang yang tergolong pribadi, kamar tidur merupakan salah satu bentuk mengekspresikan kepribadian pemilik rumah. Oleh karena itu, pilihan desain kamar tidur tidak hanya perlu memikirkan unsur fungsionalnya saja, tetapi juga esensialnya.